Selamat datang di laman website Mega Tour Travel Wisata Dieng

Selasa, 06 Februari 2018

Obyek Wisata Telaga Warna Dieng, Telaga Pengilon dan Goa Alam

Pernah ke Dieng tapi belum pernah mengunjungi Telaga Warna, itu sama saja kamu belum pernah ke Dieng karena kata wisatawan tak lengkap namanya jika berkunjung ke Dieng tapi tidak mengunjungi obyek wisata Telaga Warna. Salah satu wisata andalan Dieng adalah Telaga Warna, telaga yang terletak di Dieng Wetan ini dikelolah oleh Kabupaten Wonosobo sehingga tempatnya lebih tertata rapi. Tidak jauh dari pertigaan Dieng anda hanya perlu memilih belok kiri dan sekitar 400 meter anda sudah sampai di obyek wisata Telaga Warna yang menjadi icon kota Wonosobo. Selain melihat keindahan telaga yang berwarna – warni ini anda juga bisa berkeliling untuk melihat Telaga Pengilon dan goa alam yang masih satu lokasi dengan Telaga Warna.

Baca Juga: Sepi Wisatawan Justru 4 Obyek Wisata Dieng ini Sangat Mengagumkan.

Telaga Warna

telaga warna dieng
Ketika kamu tiba dipintu masuk obyek wisata Telaga Warna jangan heran dan terpana karena kamu akan melihat pesona keindahan telaga yang berwarna warni, warna hijau yang dominan seakan menambah suasana disekitar menjadi lebih alami apalagi sepanjang jalan ditepi telaga ini suasana teduh terpayungi oleh pohon cemara membuat kamu semakin nyaman dan damai. Warna dari air Telaga Warna sendiri muncul karena air telaga mengandung belerang atau sulfur, karena kandungan belerangnya itu membuat sebuah irama melodi yang begitu berwarna dari warna hijau, merah, ungu dan kuning menjadi perpaduan yang sangat indah untuk di pandang mata. Karena kadungan belerang yang ada di Telaga Warna ini membuat telaga tidak dihuni oleh hewan seperti ikan dan lainnya. Apakah kamu yakin ketika berkunjung ke Dieng akan melewatkan destinasi yang paling digemari oleh wisatawan.

Telaga Pengilon

telaga pengilon
Berbeda dengan Telaga Warna, Telaga Pengion ini merupakan telaga dengan air yang tawar dan tidak mengandung belerang sehingga air tertap segar dan jernih seperti cermin yang menyilaukan mata saat terkena sorot sinar matahari. Pengilon diambil dari kata bahasa Jawa yang berarti berkaca, ya karena jernihnya air membuat Telaga Pengilon menjadi familiar karena memang letaknya tidak jauh dari Telaga Warna dan hanya berbatas rerumputan saja akan tetapi airnya memiliki karakter yang berbeda pula. Keunikannya tidak hanya itu saja akan tetapi di Telaga Pengilon ini banyak sekali ikan yang hidup sehingga banyak warga sekitar yang memancing ikan disaat sore hari. Telaga Pengilon ini menggambarkan tentang hati manusia karena apabila ada orang yang berkaca diatas permukaan air Telaga Pengilon dan melihat bayangannya secara utuh dan jernih sekali maka ini menggambarkan hati yang bersih pula dan sebaliknya apabila ada orang mencoba berkaca akan tetapi tidak melihat dengan jelas bayangan dirinya ini menggambarkan bahwa hatinya masih harus diperbaiki.

Goa Alam


Setelah berkeliling melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang membuat kamu terpesona kini saatnya kamu menelisik lebih dalam tentang goa - goa yang masih alami, ada beberapa obyek wisata goa yang bisa kamu lihat dari pintu goa ataupun masuk kedalam goa. Untuk detailnya sudah kita susun tentang goa alam Dieng.

Nama Goa
Informasi Goa
Batu Tulis
Batu Tulis merupakan batu prasasti yang sudah ada sebelum Telaga Warna terbentuk, Batu Tulis memberi arti bahwa seorang manusia yang hidup di dunia harus mempunyai pedoman hidup atau kitab untuk belajar tentang agama dan kehidupan sehingga manusia tidak tersesat dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini.
Goa Semar
Semar merupakan tokoh punakawan atau abdi paling utama dalam pewayangan, dikisahkan pula bahwa semar yang merupakan rakyat jelata sebenarnya adalah penjelmaan dari dewa. Goa Semar memiliki makna Ngguguo Maring Sing Samar yaitu Tuhan Yang Maha Esadan tepat didepan Goa Semar terdapat nama Eyang Sabdo Jati yang bermakna kesempurnaan sejati hanya bisa didapatkan apabila kita bisa mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.
Goa Sumur
Goa yang memiliki sumber mata air ini selain digunakan untuk tempat bersemedi juga air dari sumur yang ada didalam goa masih diambil airnya untuk digunakan untuk berdoa oleh umat Hindu dari Bali. Apabila anda masuk kedalam goa anda bisa melihat tempat yang bisa untuk duduk hingga 6 orang, tepat didepan Goa Sumur terdapat patung nan cantik yang bernama Eyang Kumala Sari sebagai simbol pendamping hidup yang cantik bagai batu permata yang indah tiada duanya dan utama yang penuh cinta serta kasih sayang. Akan tetapipatuh terhadap orang tua dan bisa menuntun kehidupan kejalan yang baik dan benar di dunia maupun akhirat.
Goa Jaran
Konon dahulu ada seekor kuda betina yang kedinginan karena di sekitar telaga sedang hujan lebat, karena dinginnya udara maka kuda betina itu masuk kedalam goa untuk berteduh dan menghangatkan tubuh namun pada keesokan harinya ketika kuda betina tersebut keluar alangkah kagetnya karena kuda betina itu sudah berbadan dua. Itulah salah satu cerita yang berkembang di masyarakat. Goa Jaran sendiri diambil dari kata Jaran yang berarti Kuda, goa ini memiliki arti yang begitu dalam yaitu Ojo Ngujo Sak Paran - Paran atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah manusia harus bisa mengendalikan nafsunya yang ada dalam diri mereka. Apabila anda melihat Goa Jaran ini anda akan bertemu dengan patung yang berada di pintu goa yaitu Resi Kendali Seto. Patung ini memiliki arti bahwa manusia yang bisa mengendalikan hawa nafsunya pasti akan berjalan di jalan yang putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAYANAN MEGA TOUR TRAVEL WISATA DIENG PLATEAU

PAKET WISATA DIENG | OPEN TRIP KE DIENG | RESERVASI HOMESTAY & HOTEL | JASA TOUR GUIDE | OUTBOUND | FAMILY GATHERING | FUNS GAME | RAFTING SERAYU | PENDAKIAN G. PRAU | RENTAL MOBIL DAN SEPEDA MOTOR.