Selamat datang di laman website Mega Tour Travel Wisata Dieng

Minggu, 11 Maret 2018

Bukit Sikunir & Alternatif Sunrise di Dieng

bukit sikunir
Dahulu kala ada seorang petani yang berladang disuatu bukit sampai tengah malam karena petani tersebut kelelahan maka  memutuskan untuk menginap dan bermalam di bukit tersebut. Ketika menjelang pagi terbangunlah petani tersebut dan melihat semburat cahaya berwarna merah menyala dilangit dari ufuk timur.Karena terkagum dengan pemandangan yang begitu indah dengan gugusan awan yang rapi seakan berada diatas awan maka petani tersebut mengurungkan niatnya untuk pulang saat matahari terbit dan memilih menyeduh kopi panas dipuncak bukit dengan menyaksikan keindahan matahari terbit yang warna cahayanya merah menyala.

Ketika siang hari petani tersebut pulang dan menceritakan kejadian tersebut ke warga yang lain hingga akhirnya pada esok pagi saat matahari terbit warga desa di bawah bukit yaitu desa sembungan berbondong - bondong naik ke atas bukit untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Karena warna yang merah menyala saat matahari terbit maka warga sekitar menyebut bukit tersebut dengan nama Bukit Sikunir atau Kunyit, iya warna yang ada di dalam kunyit merah menyala seperti keindahan warna saat matahari terbit ketika dilihat dari Bukit Sikunir.

Tibalah sampai sekarang terdengar sampai ditelinga wisatawan tidak hanya wisatawan lokal saja akan tetapi wisatawan mancanegara sudah banyak yang berkunjung ke bukit yang berada diketinggian 2.370mdpl sejak tahun 90an, medan yang tidak begitu berat menjadikan Bukit Sikunir digemari oleh wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dengan berjalan sepanjang 800 meter maka wisatawan sudah bisa tiba diatas puncak yang begitu indah nan mempesona. Rimbunnya pohon dan udara yang sejuk akan menemani anda saat pagi hari dan tak lupa disambut oleh nyanyian burung - burung yang begitu merdu menghiasi telinga anda, akan tetapi bila anda pernah menaklukan Bukit Sikunir jangan segera buru - buru karena masih ada alternatif tempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di Dieng yang bisa dijadikan refrensi saat berkunjung ke Dieng.

Alternatif Sunrise di Dieng


Gunung Prau Dieng 2.565mdpl


gunung prau dieng
Mempunyai keindahan yang tak kalah dengan Bukit Sikunir, gunung prau dieng menjadi favorit wisatawan untuk menjelajah alam. Dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam anda sudah bisa tiba di puncak gunung prau dengan landscape pemandangan gunung sindoro dan gunung merbabu hingga gunung merapi yang juga terlihat dari bukit sikunir.Perbedaannya adalah anda bisa membuka tenda diatas puncak prau sehingga apabila anda bermalam bisa sangat menyenangkan dan melihat bintang - bintang yang bersinar cerah saat malam hari dari puncak prau dieng.
   

Bukit Sidengkeng

bukit sidengkeng dieng

Berbeda dengan gunung prau dan bukit sikunir, saat berada dibukit sidengkeng anda akan menemukan spot yang berbeda dari yang lainnya. Saat matahari terbit dengan siluetnya yang berwarna merah menyala akan terlihat dari bukit yang berada diketinggian 2.200 mdpl keindahan dua buah telaga yang saling bersebelahan yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang memiliki air berwarna warni seperti pelangi saat pagi hari.
   

Bukit Scooter


Sebuah bukit yang bisa dijadikan tempat untuk menyaksikan sunrise sekaligus sunset saat matahari terbenam. Menjadi destinasi yang istimewa karena memang spot yang begitu strategis, terletak di desa Dieng Kulon bukit scooter bisa ditempuh dari area wisata kawasan candi arjuna yang hanya berjarak 400 meter. Tak perlu lama - lama hanya 10 menit dari area parkir anda sudah bisa berada di puncak bukit yang begitu mempesona karena saat matahari terbit akan terhampar jelas pemandangan desa Dieng  dari atas dan apabila anda beruntung maka awan tipis akan menyelimuti seperti benar benar diatas awan dan ada sebuah negeri dibawahnya. (Baca juga: Menutup Hari dari Bukit Scooter Dieng).
   

Posong


Terletak di desa Tlahap kecamantan kledung wisata alam sunrise posong menjadi alternatif yang membawa warna berbeda karena terletak dilereng Gunung Sindoro ini mempunyai sudut berbeda dan keindahan matahari terbit yang luar biasa yang bisa disaksikan bersama tujuh gunung yang elok seperti gunungsumbing, merapi, andong, ungaran, muria hingga telomoyo. Kondisi tempat wisata yang masih begitu alami karena memang belum diketahui banyak wisatawan yang mengeksplore wisata alam Posong. Jadi boleh anda memilih posong agar liburan anda lebih berwarna dari pada yang lainnya.
   

Gardu Pandang Tieng


Gardu pandang yang terletak di desa Tieng ini berada diketinggian 1.789mdpl sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan alternatif terutama bagi wisatawan yang tidak suka mendaki bukit karena letaknya yang strategis tepat dipinggir jalan yaitu di km 19 sebelum sampai ke Dieng. Selain menyaksikan matahari terbit atau sunrise anda bisa menikmati kopi hitam purwaceng panas yang akan menghangatkan tubuh anda dan tak lupa kentang yang baru saja digoreng akan menambah suasana semakin hangat karena akan menjadi teman ngopi selain anda mengobrol bersama sahabat ketika menyaksikan matahari terbit. (Baca juga: Menyingsing Fajar dari Gardu Pandang Tieng).
   
Selain alternatif tempat untuk menyaksikan pesona matahari terbit saat berwisata ke Dieng, kami Mega tour dieng juga memiliki beberapa tips untuk anda yang akan menyaksikan matahari terbit atau dikenal dengan sunrise.  (Baca juga: Sepi Wisatawan Justru 4 Obyek Wisata Dieng ini Sangat Mengagumkan).

Waktu terbaik


Waktu terbaik untuk menyaksikan matahari terbit tentunya adalah pagi hari, akan tetapi apabila anda mengambil waktu yang terbaik adalah saat musim kemarau. Karena ketika musim kemarau kemungkinan matahari bersinar tanpa kabut sangatlah besar sehingga semburat atau siluet yang mendahului Golden Sunrise akan terlihat indah sekali. Jadi siapkan waktu anda agar liburan lebih bahagia disetiap momen saat tiba di setiap obyek wisata.

Posisi sempurna atau tempat terbaik


Tempat baru apalagi tempat yang belum pernah anda kunjungi seperti halnya di bukit pasti akan kesulitan mencari posisi, tempat atau spot terbaik, mungkin jika beruntung tak akan menjadi masalah, akan tetapi kami sangat menyarankan anda bisa menggunakan paket wisata sehingga anda akan didampingi oleh pemandu wisata sehingga liburan anda akan lebih terencana dan bisa menikmati waktu liburan yang lebih berkualitas. Jika anda masih bingung tentang paket wisata anda bisa menghubungi tour planner kami sehingga anda akan menemukan solusi untuk mengatasi masalah anda saat anda bingung.

Tips saat menyaksikan matahari terbit (Sunrise)


  1. Pastikan anda dalam kondisi sehat
  2. Persiapkan minimal jaket dan sepatu olahraga
  3. Membawa air mineral, penutup kepala dan penerangan seperti senter
  4. Apabila cuaca hujan lebat alangkah baiknnya ditunda atau mencari alternatif seperti di Gardu Pandang Tieng
  5. Perlengkapan P3K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAYANAN MEGA TOUR TRAVEL WISATA DIENG PLATEAU

PAKET WISATA DIENG | OPEN TRIP KE DIENG | RESERVASI HOMESTAY & HOTEL | JASA TOUR GUIDE | OUTBOUND | FAMILY GATHERING | FUNS GAME | RAFTING SERAYU | PENDAKIAN G. PRAU | RENTAL MOBIL DAN SEPEDA MOTOR.