Dieng travel packages

Gambar Telaga Balaikambang Dieng

Gambar Telaga Balaikambang Dieng

Telaga Balaikambang merupakan obyek wisata yang tidak terlalu terkenal sehingga terlupakan namun sungguh mengesankan, terletak di Kawasan Candi Arjuna telaga ini memang tidak seluas telaga yang ada di Dieng seperti halnya Telaga Cebong, Telaga Warna, Telaga Pengilon hingga Telaga Merdada.

Banyaknya lahan pertanian mengikis telaga yang sebenarnya sangat indah pada era tahun 90an dimana air dari Telaga Balaikambang digunakan oleh petani sebagai sumber kehidupan tanaman kentang.

Namun sekian tahun zaman berubah dan kemajuan dalam berpikir semakin berbeda, banyaknya area telaga yang dijadikan kebun pertanian kentang membuat luas telaga semakin menyempit dan sempat menghilang. Seiring waktu pesona dari telaga ini pun menampakkan diri dengan penuh mengesankan ternyata sudah banyak wisatawan yang hadir berburu embun es disekitar area wisata Telaga Balaikambang, tanpa sadar foto-foto yang diupload wisatawan memberikan efek yang begitu positif sehingga satu persatu mulai dilakukan pembenahan di obyek wisata telaga balaikambang.

Apa yang membuat berkesan?

Dibalik air telaga yang begitu jernih anda bisa menemukan pemandangan yang begitu berbeda yaitu kabut tipis saat pagi hari akan menjadi pemandangan langka yang begitu mengesankan diantara Kawasan Candi Dieng yang begitu mengagumkan, tak hanya itu saja butiran es akan menampakkan diantara rerumputan yang ada ditepi telaga saat musim panas tiba.

Banyak wisatawan yang sudah mulai mengunjungi telaga balaikambang ini untuk sekedar berburu embun es di Dieng, saat musim kemarau tiba di dataran tinggi Dieng suhu akan rendah dan membuat suasana menjadi dingin seperti eropa dimana suhunya bisa minus membuat anda membeku dan menggigil.

Landscape pegunungan pangonan serta gunung prau Dieng nampak begitu gagah dan cantik untuk dijadikan background foto bersama dengan orang tercinta apalagi pagi menjelang ditepi telaga yang begitu mengesankan apalagi hamparan tanaman kentang yang begitu hijau akan menghiasi sekitar alam telaga.

Dimana letak Telaga Balaikambang?

Bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke dataran tinggi Dieng mungkin sudah tak asing dengan obyek wisata Candi Arjuna, tak jauh dari obyek wisata candi arjuna atau kurang lebih 150 meter dari pintu keluar candi anda bisa menemukan petunjuk menuju obyek wisata menuju ke Telaga Balaikambang sehingga anda tak perlu pusing untuk mencari obyek wisata yang begitu mengesankan karena anda hanya perlu mencari obyek wisata Kawasan Candi Arjuna yang terletak di desa Dieng Kulon, Banjarnegara.

Asal Usul Telaga Balaikambang ?

Telaga yang terbentuk akibat letusan vulkanik dari gunung Dieng purba ini ada hingga sampai sekarang ini, nama balaikambang sendiri diambil dari nama sebuah balai yang berada diatas air atau dalam bahasa jawa dikatakan ngambang. Walau sekarang sudah tidak ada balai yang berdiri diatas air (ngambang) namun nama Telaga Balaikambang tetap tersemat dan menjadi sebutan oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan yang hadir untuk liburan di Dieng.

Berapa htm ke obyek wisata di Telaga Balaikambang ini?

Untuk bisa masuk ke obyek wisata Telaga Balaikambang ini anda tak perlu bingung karena anda hanya perlu membayar tiket masuk di kawasan Candi Arjuna yang juga sudah termasuk dengan tiket obyek wisata Kawah Sikidang seharga Rp.15.000,- jadi kami kira ini sangat ramah untuk sekelas obyek wisata alam yang begitu banyak untuk dikunjungi.

Apa yang bisa dilakukan?

Memang tidak banyak hal yang bisa anda lakukan di obyek wisata yang memang terlupakan ini, namun anda akan menemukan alam yang masih mengesankan karena jarang sekali wisatawan yang mengunjungi obyek wisata ini.

  1. Berfoto dengan background gunung Pangonan dan Prau Dieng
  2. Memancing di telaga
  3. Berburu salju es Dieng ditepi telaga
  4. Melihat aktivitas petani kentang disekitar telaga
  5. Berkebun bersama petani kentang
  6. Berfoto di perahu sekitar telaga

Itulah beberapa informasi yang bisa anda baca dan ketahui tentang Telaga Balaikambang yang ada di dataran tinggi Dieng, untuk anda sebagai penikmat alam pasti akan bisa menemukan kedamaian ditepi telaga ini karena memang menawarkan suasana yang sepi khas pegunungan.

Bagi anda fotografer mungkin pemandangan yang ditawarkan memiliki keistimewaan lain karena anda akan menemukan obyek diantara kabut tipis ditemani oleh embun pagi yang membeku menjadi es.

Namun bagi anda wisatawan biasa tak usah khawatir karena anda bisa berkeliling di tepi telaga dan berburu salju es dimana embun yang membeku menjadi es karena suhu yang begitu dingin. Jadi tak usah khawatir karena selain Telaga Balaikambang anda juga bisa mengunjungi obyek wisata lain yang tak jauh dan tak kalah mengesankan.

About the Author
Jasa pelayanan paket wisata murah terbaik di Dieng yang menyediakan berbagai kebutuhan paket tour Dieng untuk kegiatan liburan anda.

Leave a Reply

*